Senin, 05 Juli 2010

SMS Saat Mengemudi Tingkatkan Resiko Kecelakaan 20 Kali

Rabu, 29 Juli 2009 15:01

Kapanlagi.com - Mengetik pesan di telepon genggam sewaktu mengemudi meningkatkan kemungkinan kecelakaan sebanyak 20 kali, demikian hasil satu studi baru yang disiarkan Selasa (28/7).

Studi itu, yang dilakukan oleh Virginia Tech Transportation Institute di AS, menyimpulkan bahwa mengirim teks pesan sewaktu mengemudi adalah yang paling berbahaya dari seluruh kegiatan yang berhubungan dengan telepon genggam.

Menurut studi tersebut, ketika menyusun teks pesan, pengemudi memalingkan mata mereka dari jalan untuk rata-rata 4,6 detik.

Tindakan tersebut meningkatkan resiko kecelakaan lebih dari 23 kali bagi pengemudi, karena itu sama dengan "menempuh panjang lapangan sepak bola dengan kecepatan 55 mil per jam tanpa melihat ke jalanan", dengan resiko menabrak banyak pejalan kaki, kendaraan atau pemisah jalan raya dalam kegiatan itu.

Menekan tombol telefon genggam sewaktu mengemudi juga berbahaya, kata studi tersebut. Perbuatan itu meningkatkan resiko kecelakaan hampir 6 kali bagi pengemudi truk dan hampir 3 kali bagi pengemudi mobil.

Hasilnya ialah lembaga itu menyarankan agar semua pengemudi dilarang mengetik pesan, dan setiap kegiatan yang mengalihkan perhatian pengemudi dari jalan mesti selalu dihindari. (kpl/meg)

© 2003-2009 KapanLagi.com

Diambil dari KAPAN LAGI DOT COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar